Belajar Apa di Jurusan Teknik Sipil – Konstruksi Bangunan?



Bagi kalian yang pernah melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung menggunakan kereta api, pasti pernah melewati jembatan Cikurutug yang mengagumkan ini. Walau usianya sudah 1 abad (dibangun tahun antara 1910-1920),  namun jembatan ini masih kokoh dan aman dilewati kereta api yang beratnya puluhan hingga ratusan ton setiap hari!


Tentu saja dibalik itu ada kehebatan teknik konstruksi bangunan yang mampu membuat jembatan yang kokoh dan tahan lama. Selain jembatan kita juga mengagumi bangunan-bangunan hebat seperti Monumen Nasional di Jakarta, gedung-gedung pencakar langit seperti gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa. Kalian pasti tergoda untuk ingin mengetahui bagaimana cara orang membangun gedung-gedung hebat itu.

Ketika membangun sebuah gedung atau jembatan atau bangunan apapun, selain desain yang bagus maka konstruksi bangunan adalah hal vital yang perlu diperhitungkan dengan cermat. Karena pilihan konstruksi akan menentukan kualitas kekuatan dan kekokohan bangunan. Aspek-aspek dalam mendesain dan menghitung konstruksi bangunan inilah yang diajarkan di jurusan Teknik Sipil – Konstruksi Bangunan.

Hal-hal yang akan diajarkan di jurusan Teknik Sipil – Konstruksi Bangunan meliputi:

  • Analisa struktur bangunan yang dimulai dari fondasi, termasuk struktur tanah yang akan menjadi pijakan bangunan (karena tidak mungkin membangun bangunan melayang di udara).
  • Material bangunan: besi baja, beton, semen, kayu dll yang dipakai dalam konstruksi bangunan
  • Cara perhitungan beban bangunan dan juga aspek alam yang mempengaruhi bangunan seperti potensi gempa bumi, tiupan angin atau potensi terjangan banjir dll.

 

Jika kalian ingin menjadi engineer sipil yang paham dan memiliki keahlian dalam mendesain konstruksi bangunan, maka jurusan Teknik Sipil – Konstruksi Bangunan di Podomoro University adalah pilihan tepat. Podomoro University didirikan oleh pengembang besar di Indonesia: Agung Podomoro Land yang telah menghasilkan karya-karya bangunan spektakuler di Indonesia.

Berikut adalah contoh karya Agung Podomoro Land:

 

Teknik Konstruksi Bangunan
Podomoro City Jakarta

 

Teknik Konstruksi Bangunan
Podomoro City Medan

 

06 February 2018