Belajar Apa di Program Studi Kewirausahaan?

Jumlah pengusaha di Indonesia baru mencapai 3,1% dari total penduduk. Komposisi ini sudah melewati angka kritis 2% walaupun masih jauh lebih rendah dibanding negara-negara tetangga kita di Asia. Negara RRT (China) komposisinya adalah 10%, Singapura mencapai 7% (tertinggi di ASEAN) dan Malaysia mencapai 5%. Sedangkan untuk negara maju seperti Amerika Serikat, komposisi pengusahanya sudah mencapai 12% dari total penduduknya.

Kehadiran pengusaha sangat dibutuhkan bagi kemajuan perekonomian di suatu negara. Semakin banyak pengusaha yang berhasil membangun bisnisnya, perekonomian negara akan semakin tangguh dan mandiri. Indonesia masih membutuhkan banyak pengusaha untuk bisa bersaing dengan negera-negara lain, paling tidak dengan negara di ASEAN. Jika kita hendak bersaing dengan Malaysia misalnya maka kita masih kekurangan 4,75 juta pengusaha.

Terpanggil untuk memberi solusi mengenai hal ini, Agung Podomoro Group mendirikan Podomoro University yang berbasis pada Entrepreneurship. Keseriusan Agung Podomoro tercermin ketika berkolaborasi dengan Babson Global, Inc yang dikenal sebagai institusi pendidikan entrepreneur nomor 1 di Amerika Serikat. Podomoro University juga membuka program studi Kewirausahaan guna mengakselerasi penciptaan pengusaha-pengusaha muda yang tangguh.

Di program studi ini mahasiswa akan diajar dan dididik melalui pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha. Di antaranya:

  • Kepemimpinan pengusaha (entrepreneurial leadership): kreativitas, komunikasi yang efektif, networking, business calculation and risk management.
  • Manajemen keuangan, manajemen marketing, organisasi bisnis dan inovasi bisnis
  • Pemahaman lingkungan bisnis nasional dan global, aspek legal bisnis, ketenagakerjaan.
  • Analisa bisnis dan perencanaan bisnis (business plan)


 

Kewirausahaan Podomoro University
Mahasiswa Podomoro University mempresentasikan Business Plan dalam acara Business Plan Competition beberapa waktu lalu


Podomoro University juga mendirikan Business Incubator yang disebut PUCEL (Podomoro University Center of Entrepreneurial Leadership). PUCEL adalah tempat mahasiswa menjalankan bisnis sesuai dengan Business Plan yang sebelumnya telah diuji dan dipresentasikan kepada tim juri independen. Di sini mahasiswa mendapat bantuan pembinaan dari dosen dan para praktisi sehingga mereka bisa mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya. Dalam waktu singkat PUCEL telah berhasil melahirkan pengusaha-pengusaha muda dari kalangan mahasiswa Podomoro.

Tertarik menjadi pengusaha muda? Silakan gabung dengan Prodi Kewirausahaan Podomoro University.

 

Kewirausahaan Podomoro University
Dr. Wisnu Dewobroto, Head of PUCEL, memberikan bimbingan bisnis kepada mahasiswa Podomoro University

 

Kewirausahaan Podomoro University
PUCEL menerima kunjungan studi banding dari Universitas Surabaya

 

07 February 2018