Kuliah Tamu “Heavy Equipment in Construction Industry: Basic Principles, Application & Concerns”

Alat berat merupakan equipment yang sangat penting di bidang konstruksi, tanpa alat berat pekerjaan konstruksi akan sangat sulit dilakukan bahkan dapat dikatakan mustahil untuk mengerjakan proyek-proyek besar tanpa alat berat. Oleh karena itu prodi Manajemen dan Rekayasa Konstruksi (MRK) Universitas Agung Podomoro mendesain mata kuliah yang khusus mempelajari alat berat untuk industri konstruksi.

Pada hari Rabu, 15 Maret 2017 prodi MRK mengadakan kuliah tamu yang disajikan oleh Bapak Ir. Yohanes Eka Prayuda. Saat ini beliau menjabat sebagai General Manager di bagian Mining Division PT. United Tractors Tbk, yang merupakan distributor alat berat terbesar dan terkemuka di Indonesia yang menyediakan produk-produk dari merek ternama dunia. Selain itu Bapak Ir. Yohanes Eka Prayuda pun merangkap sebagai Direktur PT Komatsu Remanufacturing Asia (KRA) yang merupakan joint venture company antara PT. United Tractors Tbk dan Komatsu Indonesia. Dengan pengalaman yang cukup lama di dunia alat berat, tentu saja Bapak Ir. Yohanes Eka Prayuda sudah sangat menguasai segala aspek mengenai alat berat.

 

Heavy Equipment in Construction Industry oleh Ir. Yohanes Eka Prayuda

 

Melalui kuliah tamu ini mahasiswa semakin mengerti dan berpikir terbuka mengenai hal-hal yang disampaikan oleh Bapak Ir. Yohanes Eka Prayuda, mulai dari jenis dan spesifikasi alat berat, prosedur pemeliharaan (maintenance), proses pengadaan alat berat (import), export, sampai dengan sertifikasi untuk operator alat berat. Tentunya pengetahuan tentang hal-hal tersebut sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh para mahasiswa bahkan para profesional yang berkecimpung di bidang manajemen konstruksi. Pada sesi tanya jawab, banyak mahasiswa yang menanyakan spesifikasi alat yang banyak digunakan untuk industri konstruksi serta hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk pemilihan alat yang baik sesuai kebutuhan proyek.

Sesi kuliah tamu Heavy Equipment in Construction Industry ini pun ditutup dengan quiz yang diberikan oleh Bapak Ir. Yohanes Eka Prayuda, dan untuk 2 mahasiswa dengan jawaban terbaik mendapatkan reward berupa miniatur produk alat berat konstruksi. Selain itu sesi kuliah tamu diakhiri dengan foto bersama.

 

Bp. Seng Hansen menyerahkan sertifikat apresiasi kepada Ir. Yohanes Eka Prayuda

 

Foto bersama mahasiswa Manajemen & Rekayasa Konstruksi 2014

 

21 March 2017