Cari Pengalaman Ilmu dan Network

Sejak Senin (18/1) hingga Rabu (20/1), mahasiswa Prodi Akuntansi berkunjung ke negara tetangga, Singapura. Di sana mereka akan mengunjungi berbagai destinasi yang berkaitan dengan dunia akuntansi, seperti kantor pusat UOB Bank dan UOB Kay Hian Securities, lalu bursa efeknya Singapura (Singapore Stock Exchange) dan National University of Singapore (NUS).

 

Johannes S. Prajitno

 

Johannes S. Prajitno, Pelaksana Harian Rektor Podomoro University, menekankan dua aspek yang ia harapkan diperoleh para mahasiswa dari kunjungan tersebut, yakni jati diri sebagai mahasiswa akuntansi dan pengalaman lapangan. “Pakailah kesempatan ini untuk mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Jangan buang waktu sia-sia. Cari peluang, cari ilmu dan cari network,” tegas Johannes Prajitno.

 

Dheny Biantara (berdiri, kanan) saat memaparkan kegiatan perkuliahan di Prodi Akuntansi di hadapan sebagian orang tua mahasiswa.

 

Kunjungan tersebut adalah realisasi dari rencana yang sudah dipaparkan dalam acara tatap muka Prodi Akuntansi dengan para orang tua mahasiswa atau Parents Gathering, Selasa (22/12) beberapa pekan lalu. Pada acara tersebut, Dheny Biantara, Ketua Prodi Akuntansi, dan Samuel Anindyo Widhoyoko, dosen Prodi Akuntansi, memaparkan kegiatan perkuliahan di Prodi Akuntansi serta detail rencana kunjungan ke Singapura.

Papar Dheny, “Prodi Akuntansi mempunyai empat laboratorium, yakni laboratorium audit, perpajakan (brevet A, B dan C), pusat uji sertifikasi profesi dan pojok bursa saham. Jadi kegiatan perkuliahan di Prodi Akuntansi bukan hanya teori, tetapi juga praktek.”

 

Samuel (kanan, berdiri) memaparkan detail rencana kunjungan mahasiswa Prodi Akuntansi ke Singapura.

 

Sementara, soal detail kunjungan ke Singapura dipaparkan oleh Samuel. “Kami, para dosen, juga akan terus mendampingi mahasiswa selama kunjungan tersebut,” ungkap Samuel. Lalu, dari setiap kunjungan juga akan ada laporan yang mesti dikerjakan mahasiswa. Lewat cara ini diharapkan para mahasiswa memahami bagaimana penerapan ilmu akuntansi pada berbagai bisa usaha, seperti perbankan, sekuritas dan bursa efek.

 

Pelantikan Henny Stevani (kiri) dan Michael (tengah) sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM Prodi Akuntansi. Pelantikan dilakukan oleh Johannes S. Prajitno (kanan) sebagai Pelaksana Harian Rektor Podomoro University.

 

Acara Parents Gathering juga dirangkai menjadi satu dengan pelantikan pengurung Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Prodi Akuntansi yang dijabat oleh Henny Stevani (Ketua) dan Michel (Wakil Ketua). Selamat bertugas Henny dan Michael. 

Usai paparan dan pelantikan pengurus BEM, acara dilanjutkan dengan dialog antara orang tua dengan dosen-dosen di Prodi Akuntansi. Dengan komunikasi langsung seperti ini diharapkan akan tercipta saling pengertian antara dosen, para mahasiswa dan orang tua.

23 January 2016