Dr. Mas Achmad Santosa, S.H.,LL.M. menjadi Dosen Tamu di Podomoro University

Pada hari Senin 29 Mei 2017, Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University kedatangan seorang tamu istimewa yaitu Dr. Mas Achmad Santosa, S.H.,LL.M. Beliau saat ini menjabat sebagai Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Koordinator Staf Khusus, Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara IIegal.

Beliau memberikan kuliah dengan topik Penegakan Hukum Lingkungan di Darat dan Laut Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkaitan dengan beberapa mata kuliah yang sedang diambil oleh mahasiswa/i seperti Hukum Lingkungan, Hukum Pidana dan Hukum Adat. Pak Ota, sapaan akrabnya membagikan beberapa pengalamannya selama puluhan tahun berkecimpung di dunia hukum baik sebagai akademisi maupun sebagai praktisi. Beliau memberitahukan pula  4 hal penting yang harus dibangun oleh seorang sarjana hukum yakni kemampuan di bidang ilmu dan praktik hukum, kemampuan berbahasa inggris, networking, dan reputasi.


 

Sesi tatap muka mahasiswa/i dengan Dr. Mas Achmad  Santosa S.H.,LL.M.


Pak Ota juga mengajak para mahasiswa/i berdiskusi perihal masalah hukum terkini yang berkaitan dengan persoalan lingkungan hidup yang dihadapi oleh Indonesia dimana potensi lingkungan hidup Indonesia sangatlah melimpah tetapi tantangan yang dihadapi cukup besar. Di sisi lain, pengawasan dan penegakan hukum juga lemah terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Diskusi ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, para mahasiswa/i secara bergantian mengajukan pertanyaan perihal persoalan lingkungan hidup baik di darat maupun laut.

Pada akhir kuliah, Pak Ota juga sempat berpesan kepada para mahasiswa/i Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University untuk tetap giat belajar, menjadi lulusan yang bereputasi dan berkontribusi bagi sistem hukum Indonesia. “Sebagai seorang calon sarjana hukum kalian harus sudah memiliki sense of purpose”, ucap Pak Ota. Bayu Imantoro selaku Ketua Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan Pak Ota yang telah berkenan menyampaikan materi kuliah terkait penegakan hukum. Bayu juga berharap kelak mahasiswa/i Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University mampu meneruskan jejak langkah serta mengambil keteladanan Pak Ota dalam menggeluti karier pilihan mereka pasca lulus dari bangku perkuliahan. Kuliah pun ditutup dengan pemberian plakat kepada Pak Ota dan foto bersama dengan para mahasiswa/i.

 

Pemberian plakat kepada Dr. Mas Achmad Santosa S.H., LL.M.


 

Sesi foto bersama dengan Dr. Mas Achmad Santosa S.H.,LL.M.

 

31 May 2017