Etika Memakai Sumpit

Kamis (24/3) pekan lalu, mahasiswa Program Studi (Prodi) Bisnis Perhotelan, Podomoro University, mengikuti kuliah Table Manner. Hanya kuliah kali ini tidak diselenggarakan di ruang kelas di kampus Podomoro University, melainkan di Restoran Nishimura, Hotel Shangri-La, Jakarta. Selama di Hotel Shangri-La, rombongan Podomoro University diterima oleh Kris Daniel Rahardjo dan tim.

Kuliah Table Manner kali ini bertema Japanese Style. Seperti tradisi makan dan minum di berbagai negara, ada beberapa etiket yang juga mesti dipahami ketika kita makan di restoran dengan Japanese Style. Misalnya, soal penggunaan serbet. Segera setelah duduk, serbet ditempatkan di pangkuan. Bagaimana kalau kita ingin meninggalkan meja sejenak? Lipat serbet dan tempatkan di posisi sebelah kiri.

Penggunaan sumpit pun ada tata caranya. Misalnya, jangan membuat bunyi-bunyian yang berisik dengan sumpit. Jangan perlakukan sumpit seolah-olah stick drum. Lalu, jangan gunakan sumpit untuk memindahkan sesuatu yang ada di meja. Sumpit hanya digunakan untuk mengambil makanan.

Kadang kita suka lalai. Sementara masih memegang sumpit dan ngobrol, secara tak sengaja kita mungkin menggunakan sumpit untuk menunjuk-nunjuk teman bicara. Ini kurang sopan.

Lalu, setelah selesai makan, sebaiknya sumpit diletakkan di tempatnya. Jangan ditaruh di meja atau di piring.

Itulah beberapa etiket makan di restoran Jepang yang dipelajari seluruh mahasiswa Prodi Bisnis Perhotelan.


Mahasiswa Prodi Bisnis Perhotelan di Restoran Nishimura, Hotel Shangri-La, Jakarta: Sumpit jangan dipakai untuk menunjuk.


Vincent S. Leewellyn (berdiri) bersama mahasiswi Prodi Bisnis Perhotelan: Mengenal tata cara makan di restoran Jepang.


Foto bersama seusai kuliah Table Manner di Restoran Nishimura.

Selain kuliah Table Manner di Restoran Nishimura, selama berada di Hotel Shangri-La, seluruh mahasiswa diajak berkeliling untuk mengenal berbagai fasilitas yang tersedia. Di antaranya, mahasiswa meninjau fasilitas spa, kamar reguler, Horizon Lounge, ruang rapat, Business Center, Lobby, kolam renang, dapur hingga laundry.

Sungguh pengalaman yang berharga.

11 April 2016