FIELD TRIP PROGRAM STUDI HUKUM BISNIS KE DIREKTORAT JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM

Pada hari Kamis 31 Mei 2018. Mahasiswa/i Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University mengikuti kegiatan Field Trip ke Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum. Kegiatan ini berkaitan dengan mata kuliah Hukum Perdata. Di ditjen AHU Mahasiswa disambut dengan Ibu Nina selaku perwakilan dari Divisi Perdata. Mahasiswa/i mendapatkan materi mengenai Badan Hukum (Yayasan, Perkumpulan, dan PT), Fiducia, dan Notariat. Materi ini disampaikan oleh perwakilan dari masing-masing divisi.

 

Suasana di dalam ruang rapat saat Mahasiswa/i mendapatkan penjelasan terkait badan hukum, fiducia, dan notariat yang disampaikan oleh masing-masing divisi.

 

Dari divisi Badan Hukum terkait dengan yayasan dan perkumpulan disampaikan oleh Bapak Adi Kurniawan. Beliau menjelaskan terkait dengan karakteristik yayasan dan perkumpulan, selain itu Mahasiswa/I juga mendapatkan materi tentang bagaimana proses pendaftaran yang saat ini dilakukan secara online yang nantinya hasil SK tersebut terdapat QR Code yang dapat di scan. Selanjutnya terkait dengan Perseroaan Terbatas (PT) dijelaskan oleh Bapak Faraitody Hakim. Beliau menjelaskan apa yang dimaksud perseroan terbatas, proses pendaftaran, pendirian perseroan terbatas, perubahan anggaran dasar, sampai pembubaran perseroaan terbatas.

 

Bapak Faraitody Hakim sedang menjelaskan tentang Perseroan Terbatas

 

Setelah itu dilanjut dari divisi Fiducia dijelaskan oleh Bapak Yose Rendi. Beliau menjelaskan terkait dengan tahapan pendaftaran jaminan Fiducia sampai apa saja yang menjadi subyek dan obyek Fiducia. Terakhir dari divisi Notariat disampaikan oleh Bapak Afri Leonardo. Beliau menjelaskan terkait dengan kebijakan Kemenkumham tentang Kenotariatan tahun 2018 seperti penyelenggaraan ujian untuk pengangkatan notaris, formasi jabatan notaris dan tata cara persyaratan pengangkatan notaris.

Pemaparan dari Tim Divisi Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum tersebut disambut positif oleh Mahasiswa/i Program Studi Hukum Bisnis. Para mahasiswa/i secara bergantian mengajukan pertanyaal perihal materi yang disampaikan.

 

Pemberian sertifikat apresiasi kepada perwakilan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum oleh Bapak Andrew Betlehen, S.H.,S.Kom.,M.M.

 

Foto bersama dengan Tim Divisi Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum bersama dengan Dosen dan Mahasiswa/i Hukum Bisnis Podomoro University

 

 

#businesslaw 

 

(Edited : Rubby) 

Instagram : @podomorouniv

Facebook : Podomoro University

Website : www.podomorouniversity.ac.id 

31 May 2018