Luhut Pangaribuan Menjadi Dosen Tamu

Selasa tanggal 13 Desember 2016, Prodi Hukum Bisnis Podomoro University kedatangan seorang dosen tamu istimewa. Dr. Luhut M. P. Pangaribuan, S.H., LL.M. yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) mengisi mata kuliah Hukum Acara Pidana. Bapak Luhut membahas mengenai sistem peradilan pidana Indonesia, seperti mengenai perjalanan seseorang yang sebelumnya menyandang status bebas menjadi seorang terpidana serta peranan aparat penegak hukum dalam setiap tahapan peradilan pidana. “Banyak orang beranggapan bahwa penyidik memiliki kewajiban untuk membuktikan apakah seseorang bersalah atau tidak. Hal ini keliru karena kewajiban pembuktian bersalah atau tidaknya seseorang bukan dipegang oleh penyidik melainkan oleh hakim di proses persidangan”, tuturnya yang juga merupakan dosen di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai kemungkinan upaya-upaya hukum yang masih dapat ditempuh seorang terpidana untuk memperjuangkan haknya.

 

Para mahasiswa/i menyambut positif kuliah yang disampaikan oleh Bapak Luhut Pangaribuan. Hal ini terlihat dari aktifnya para mahasiswa/i mengajukan pertanyaan demi pertanyaan kepada beliau. Antusiasme para mahasiswa/i membuat kuliah semakin menarik dan suasana diskusi terjalin akrab.

 

Pada akhir kuliah Bayu Imantoro, S.H., M.H. selaku Ketua Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University menyampaikan banyak terima kasih atas kesediaan Dr. Luhut M.P. Pangaribuan, S.H., M.H. menyampaikan materi kuliah terkait Hukum Acara Pidana. Kuliah pun ditutup dengan pemberian plakat kepada Dr. Luhut M. P. Pangaribuan, S.H., M.H. dan foto bersama.

23 December 2016