Mahasiswa Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University berkunjung ke Lembaga Bantuan Hukum Jakarta

Pada hari Selasa, 18 April 2017 mahasiswa Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University berkesempatan melakukan kunjungan lapangan ke Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta) di Jakarta Pusat. Kunjungan dihadiri mahasiswa/i Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University angkatan 2015 dan 2016 dengan didampingi oleh Kepala Program Studi Hukum Bisnis, Bayu Imantoro, S.H., M.H. dan Dosen Program Studi Hukum Bisnis, Maraden Saddad, S.H., M.H.

Sesampainya di kantor LBH Jakarta, rombongan Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University disambut hangat oleh Bapak Alghiffari Aqsa, S.H. selaku Direktur LBH Jakarta dan Bapak Nelson Nikodemus Simamora, S.H. selaku Pengacara Publik LBH Jakarta.

 

Bapak Alghiffari Aqsa, S.H. (kiri) tengah menjelaskan mengenai peranan dan sepak terjang LBH Jakarta dalam memberikan bantuan hukum

 

Pada kunjungan tersebut, Bapak Alghiffari Aqsa banyak menjelaskan perihal latar belakang dan sejarah didirikannya LBH Jakarta. Sebagai lembaga non-pemerintah, LBH Jakarta telah banyak memberikan bantuan hukum khususnya bantuan hukum struktural kepada masyarakat kecil, buta hukum, dan tertindas. Bapak Nelson N. Simamora juga turut memaparkan mengenai kasus-kasus yang telah berhasil ditangani dan diadvokasikan oleh LBH Jakarta. Kebanyakan dari kasus-kasus tersebut merupakan kasus yang sarat muatan politik serta menyita perhatian publik.

 

Bapak Nelson N. Simamora, S.H. (kiri) menjelaskan mengenai temuan lapangan dari kasus-kasus yang berhasil ditangani LBH Jakarta

 

Sesi diskusi berlangung seru dan intens. Banyak dari antara mahasiswa/i yang mengajukan pertanyaan perihal kasus hukum terkini yang ditangani oleh LBH Jakarta seperti misalnya kasus pemidanaan anak, kasus penggusuran lahan dan peranan LBH Jakarta dalam melakukan advokasi dan pendampingan dari kasus-kasus  tersebut.

 

Suasana audiensi LBH Jakarta dengan mahasiswa/i Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University

 

Di akhir sesi diskusi, Bapak Bayu Imantoro mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Alghiffari Aqsa yang telah berkenan menerima kunjungan mahasiswa/i dari Program Studi Hukum Bisnis Podomoro University. Tidak lupa, acara ditutup dengan pemberian plakat dan souvenir kepada LBH Jakarta serta foto bersama.

 

Penyerahan plakat dari Podomoro University. Diserahkan oleh Bapak Bayu Imantoro (kanan) dan diterima oleh Bapak Alghiffari Aqsa (kiri)

 

Penyerahan buku dan souvenir dari LBH Jakarta. Diserahkan oleh Bapak Nelson N. Simamora (kiri) dan diterima oleh Bapak Bayu Imantoro (kanan)

 

Sesi foto bersama di kantor LBH Jakarta

 

20 April 2017