Program Bisnis Perhotelan Podomoro University Gelar Pesona Manis Nusantara 2016

Jakarta, 20 Juni 2016 – Menjembatani kebutuhan industri dengan ketersediaan sumber daya manusia yang siap tempur di dunia profesional menjadi PR besar bagi institusi pendidikan. Salah satu program studi di Universitas Agung Podomoro atau yang lebih dikenal dengan Podomoro University, program Bisnis Perhotelan memiliki keunikan yang melatih para mahasiswanya untuk memraktekkan teori-teori yang dipelajari. Salah satunya adalah dengan adanya praktek kerja lapangan yang sangat membantu mahasiswa dalam memahami dunia profesional pada bidang yang sedang mereka dalami.

Program bisnis perhotelan Podomoro University ini juga memberikan kesempatan sekaligus memberikan pengalaman bagi para mahasiswa melalui project yang mencakup beberapa mata kuliah yang disinergikan. Dengan mengerjakan project tersebut, mahasiswa dapat memahami beberapa aspek terkait dengan pelaksanaan operasional sebuah organisasi project. Salah satu dari project yang dilakukan oleh mahasiswa program bisnis perhotelan pada semester ini adalah event Pesona Manis Nusantara 2016 yang diorganisir oleh angkatan 2014. Berbagai bidang pekerjaan yaitu Marketing, Human Resources, Information Technology, dan Organizational Management, tercakup dalam pengelolaan event tersebut. Dr. Santi Palupi, selaku dosen mata kuliah Principle of Marketing menegaskan bahwa dengan sinergi beberapa mata kuliah ini, mahasiswa memiliki nilai jual yang tinggi nantinya karena project seperti ini membuat mereka menjadi sangat kreatif dalam menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaan persiapan acara. Di samping itu, Edvi Gracia, selaku dosen Information Technology for Hospitality, dan Anwar Basalamah selaku dosen mata kuliah Organizational Management, dalam kesempatan yang sama menyatakan bahwa kebersamaan mereka dalam menangani sebuah masalah juga membawa mereka untuk menjadi lebih bijak dalam menghadapi permasalahan, lebih berorientasi pada solusi, dan melatih mereka dalam pengambilan keputusan. Pengalaman berorganisasi dalam penyelenggaraan kegiatan ini sangat mendorong inisiatif mahasiswa dalam melakukan tindak lanjut dan pemecahan masalah. Untuk membantu promosi acara, dalam mata kuliah Information Technology for Hospitality, mahasiswa didorong untuk membuat website dengan kemampuan mereka sendiri dengan role play website developer dengan klien. Proses persiapan ini juga menjadi sarana mahasiswa dalam memraktekkan mata kuliah yang diampu oleh Dea Prasetyawati selaku dosen dan ketua Program Studi Bisnis Perhotelan, dengan merekrut volunteer melalui proses rekrutmen selayaknya di sebuah hotel atau perusahaan. Untuk mengurangi resiko kerja, Vincent Leewellyn selaku dosen dalam mata kuliah Workplace Hygiene, Work Safety, and Security, mengarahkan para mahasiswa untuk memraktekkan bagaimana mereka merencanakan dan mengimplementasikan penanggulangan kecelakaan, kebakaran, dan kebersihan serta menjaga keamanan selama eventberlangsung, dan juga penunjuk arah yang memudahkan para undangan untuk bersirkulasi dalam acara tersebut.

Sesi Diskusi Persiapan acara dengan Dr. Santi Palupi, Dosen Principle of Marketing

 

Pengembangan Website untuk Event dilakukan sendiri oleh mahasiswa terkait dengan mata kuliah Information Technology for Hospitality

 

Para mahasiswa ini, telah menyelesaikan masa magang 6 bulan mereka ketika semester 3, di berbagai daerah di Indonesia dan juga di beberapa negara. Pengalaman tersebut memberikan perubahan bagi mereka untuk menjadi individu yang berpengalaman di dunia professional perhotelan, namun juga menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab, serta memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Nasionalime yang terbangun telah menggerakkan hati mereka untuk memromosikan pariwisata Indonesia melalui acara Pesona Manis Nusantara 2016, yang mengangkat kekayaan kuliner Indonesia, dengan fokus utama Pelestarian Kuliner Manis berbasis Gula Merah, yang menjadi tema acara tersebut. Dengan tujuan melestarikan budaya Indonesia, mereka menyatukan ide dan semangat untuk memersembahkan sebuah acara yang mengedukasi dan memromosikan Gastronomi Indonesia, yang berbentuk temu wicara atau yang sering disebut dengan talk show.

Thomas Ardwiyanto, Ketua Panita, dalam briefing
acara untuk para volunteer

 

Persiapan yang dilakukan telah dimulai sejak kepulangan mereka dari program kerja magang, terhitung dari bulan April 2016 hingga saat ini. Dengan menggunakan waktu yang singkat, mereka bersama-sama memersiapkan untuk mewujudkan acara yang akan diselenggarakan pada hari Senin tanggal 27 Juni 2016. Mulai dari konsep, hingga pembagian tugas, serta melebarkan jejaring dengan bantuan para dosen, para mahasiswa ini berkomitmen penuh untuk kesuksesan acara tersebut. Bekerja sama dengan Akademi Kuliner Indonesia (AKI), para pembicara yang sangat handal di bidang mereka masing-masing dihadirkan untuk memertajam sisi pelestarian kuliner Gula Merah ini, yaitu Arie Parikesit dari Kelana Rasa, Hindah Jatiningrum Muaris dari Kulinologi Magazine dan Food Review Magazine, Swan Kumarga dari Dapoer Solo, Valentina Limbong dari Majalah Femina, dan Lila Muliani dari AKI. Di samping talk show, lomba resep kuliner manis gula merah juga dihadirkan untuk seluruh kalangan, bekerja sama dengan Majalah Femina. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website hotelbusinesspu.wix.com/pmn16. (Thomas Ardwiyanto/Edvi Gracia A)

 

25 June 2016