Rawon Surabaya Sampai Choco Lava

Pada Selasa dan Rabu pekan lalu, sejak pagi sampai sore hari, aroma rawon sudah menyeruak dari laboratorium kitchen di Program Studi (Prodi) Bisnis Perhotelan, Podomoro University, di Menara APL lantai 6, kawasan Podomoro City, Jakarta. Rupanya selama dua hari itu para mahasiswa Prodi Bisnis Perhotelan tengah mengikuti kuliah praktek.

Chef Anton Harianto, dosen Prodi Bisnis Perhotelan, menugasi mahasiswa untuk menyiapkan makan siang dengan rawon surabaya sebagai menu utamanya. Rawon ini dilengkapi dengan taburan toge segar, telur asin dan kerupuk udang.

Menu pendampingnya, sebagai hidangan pembuka, adalah sate lilit dengan sambal matah. Sementara, hidangan penutupnya berupa choco lava cake yang dipersiapkan oleh mahasiswa dengan bimbingan Chef Billy Tanius, juga dosen Prodi Bisnis Perhotelan.

Seluruh hidangan akan disajikan di laboratorium resto Les Papillons. Di sana juga sudah ada sejumlah mahasiswa Bisnis Perhotelan yang siap menerima tamu dan melayani mereka.

Hari itu kuliah praktek terbagi dalam dua sesi. Untuk sesi pertama, seluruh menu harus sudah siap pada jam 10.30. Setengah jam kemudian restoran buka, dan tamu-tamu berdatangan. Untuk sesi kedua—yang dimulai jam 14.00, seluruh hidangan harus siap jam 16.30.

Waktunya lumayan mepet. Maka, jadilah sejak pagi seluruh mahasiswa kerja berpacu. Keringat menetes.


Chef Anton Harianto (paling kanan) memaparkan kepada mahasiswa menu yang akan disajikan pada hari itu. "Kita akan masak rawon surabaya. Pastikan dagingnya jangan sampai overcook. Nanti keras. Ingat waktu kita tidak banyak. Bagi tugas dan atur waktu sebaik-baiknya," instruksi Chef Anton, yang sebagian ia lontarkan dalam bahasa Prancis.


Di laboratorium pastry, Chef Billy Tanius (pakaian hitam), menjelaskan teknik pembuatan choco lava cake.


Dosen Prodi Bisnis Perhotelan, Vincent S. Leewellyn (di tengah), menjelaskan cara pembuatan cocktail dan mocktail, dua di antara empat jenis minuman yang akan disajikan hari, di laboratorium bar. Dua jenis minuman lainnya adalah jus dan softdrink.


Michael Yadisaputra (memakai jas gelap), memaparkan tugas yang mesti dikerjakan mahasiswa saat menerima dan melayani tamu di resto Les Papillons.


Membagi tugas: sebagian menggoreng kerupuk,sebagian menyiapkan sambal matah, lainnyamembuat sate lilit.


Menyiapkan choco lava cake.


Menata makanan di piring (plating) sampai makanan siap disajikan.

  
Tiga menu hari itu: sate lilit, rawon surabaya dan choco lava cake.

16 March 2016