Tertarik untuk Menjadi Entrepreneur di Usia Muda?

Podomoro University tawarkan Mata Kuliah Thinking & Acting Like An Entrepreneurial Leader & Business Plan Competition bagi para mahasiswa

Jakarta, 15 Desember 2017 – Saat ini banyak entrepreneurs muda yang bermunculan dengan mengusung ide-ide bisnis dan usaha yang kreatif dengan prospek bisnis yang cukup menjanjikan. Sejalan dengan hal tersebut, Podomoro University sebagai universitas berbasis Kewirausahaan yang berkerjasama erat dengan Babson Global Inc., USA memiliki salah satu mata kuliah unggulan yang diadopsi langsung dari Babson, yaitu Thinking and Acting Like an Entrepreneurial Leader (TAEL). Dalam mata kuliah TAEL, teman-teman mahasiswa dari seluruh program studi diarahkan untuk memiliki pola pikir entrepreneurial dan diminta untuk terjun langsung membuat business plan, sejak tahun pertama masuk di Podomoro University. Teman-teman mahasiswa perlu belajar di semester awal bagaimana mengembangkan ide bisnis, bekerja di dalam suatu teamwork, menjadi seorang pemimpin dan menumbuhkan kepercayaan diri mahasiswa itu sendiri. Learning by doing adalah kuncinya. Mahasiswa tidak akan tahu mereka bisa menjalankan bisnis kecuali mereka mencobanya di awal.

Pada tanggal 15 Desember 2017, sebagai bagian dari mata kuliah TAEL, Podomoro University mengadakan Acara Road to TAEL In Action : Business Plan Competition by Podomoro University yang sudah berlangsung sejak hari Senin, 11 Desember 2017 sampai dengan puncak acara final di hari Jumat, 15 Desember 2017. Acara Road to TAEL in Action : Business Plan Competition merupakan kegiatan yang diadakan secara tahunan, sebagai wadah bagi teman-teman mahasiswa Podomoro University untuk menunjukkan hasil kerja kerasnya selama mengikuti perkuliahan TAEL di Podomoro University.


 

Mahasiswa Podomoro University sedang melakukan presentasi business plan mereka di hadapan para juri


Sebelumnya, Podomoro University telah berhasil mencetak beberapa teman-teman mahasiswa yang berhasil mengembangkan dan merintis bisnis dari awal. Bahkan 3 orang mahasiswa Podomoro University berhasil membawa bisnis mereka lolos seleksi Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) yang diadakan oleh KemristekDikti RI. Dari ketiga bisnis mahasiswa tersebut, salah satunya berhasil memperoleh nominasi sebagai salah satu wirausahawan terbaik untuk kategori industri makanan dan minuman, yaitu bisnis Bali Banana (kue oleh-oleh khas Bali) oleh Jessica Syella, Mahasiswi Kewirausahaan Angkatan 2014.

 

Bisnis mahasiswa Podomoro University yang lolos seleksi Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI)


Dalam acara Road to TAEL in Action : Business Plan Competition, terdapat 32 business plan dari teman-teman mahasiswa angkatan 2017 yang sudah dipresentasikan di hadapan para entrepreneurs experts. Hadir sebagai juri dalam kompetisi ini, di antaranya yaitu Beth Goldstein (Faculty Member of Babson College), Wisnu Dewobroto (Kepala Podomoro University Center for Entrepreneurial Leader / PUCEL) dan Johny Rusly (the Founder of Kotakpensil.com & Author of Entrepreneur Book). Nantinya, dari ke 32 business plan ini akan dipilih menjadi 16 business plan yang akan dijalankan di semester 2.  Keenam belas (16) business plan yang telah terpilih akan didanai dan dimentoring langsung oleh Podomoro University Center for Entrepreneurial Leader (PUCEL), agar business plan tersebut menjadi the real business.

Beth Goldstein, Babson College, USA

 

Wisnu Dewobroto, Kepala PUCEL

 

Johny Rusly, Founder KotakPensil.com


Berikut adalah daftar 16 business plan yang berhasil terpilih untuk dimentoring di semester 2 dan didanai oleh (PUCEL):

No.

Business Plan

Kategori

Deskripsi Singkat

1.

IN. A BOX

Food & Beverages

IN. A BOX adalah produk makanan tradisional Indonesia cepat saji dengan harga terjangkau serta dikemas dalam kemasan box yang higienis.

2.

WAW

Food & Beverages

Produk permen kopi ekonomis yang mampu mengatasi rasa kantuk.

3.

Lè Petitesserie

Food & Beverages

Customer dapat memesan design tart cake sesuai dengan keinginan customer.

4.

Sweet as you

Food & Beverages

Mengusung konsep Japanese Cotton Cheese Cake di dalam sebuah jar dengan ukuran lebih besar dan menggunakan pre order system.

5.

Quoi Baegi

Food & Beverages

Pop-up store yang menyajikan twisted doughnut dan lemonade sebagai ciri khas mereka

6.

Kopi Bentala

Food & Beverages

Kopi Bentala mengenalkan beraneka ragam rasa & jenis kopi asli Indonesia dengan bahan-bahan premium. Saat ini Kopi Bentala menawarkan beberapa rasa kopi seperti Coconut Cinnamon Latte, Banana Nut Latte & Salted Caramel Mocha.

7.

Modus

Food & Beverages

Modus menyajikan donat kampung yang terbuat dari kentang serta tanpa bahan pengawet dengan harga yang terjangkau.

8.

SU-NUT

Food & Beverages

Dengan mengusung konsep healty food & drink, SU-NUT menyajikan Edamame milk dan silky pudding, dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan.

9.

Adoughrable

Food & Beverages

Adoughrable menyajikan uncooked cookie dough yang aman untuk di konsumsi karena menggunakan bahan-bahan yang dapat dimakan serta memiliki sensasi rasa yang unik.

10.

Book it & Co.

E-commerce

Book it & Co. menawarkan konsep “renewing & reselling” buku-buku pelajaran bekas asli untuk murid-murid SMA dan mahasiswa perguruan tinggi dengan kualitas masih bagus, harga terjangkau dan tanpa melanggar hak cipta.

11.

Ayo Kerja

E-commerce

Sebuah platform yang memfasilitasi dan mengakomodasi anak-anak muda (diploma atau bachelor degree) untuk mendapatkan pekerjaan dan investor dengan mudah.

12.

BEEP

Technology (product)

BEEP memiliki fungsi untuk menghidupkan mesin motor dan membantu pemilik untuk menemukan motor mereka dengan mudah dari tempat yang jauh.

13.

Kard

Technology (Product)

Produk dompet (wallets) yang dapat memudahkan para pengguna access card untuk mengeluarkan access card.  Selain access card, bisa juga digunakan untuk menyimpan koin dan kunci.

14.

Rechair

Technology (Product)

Produk kursi multifungsi, yang selain digunakan sebagai tempat duduk, bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang. Design kursi bisa dibuat sesuai permintaan customers dan bahannya terbuat dari eco-green material.

15.

Sketch-Box

Technology (Product)

Sebuah produk yang dapat digunakan untuk orang-orang yang suka menggambar di outdoor seperti seorang Arsitek atau designer.

16.

FnF

Technology

(Service Business)

FnF menawarkan berbagai pilihan bahan-bahan segar untuk dimasak dan bisa delivery service. Selain itu, juga menyediakan pocket recipe & video tutorial, yang berisi resep makanan dan cara memasak resep makanan tersebut.

 

Para pemenang business plan yang terpilih untuk kemudian didanai dan dimentoring langsung oleh Podomoro University Center for Entrepreneurial Leader (PUCEL)

15 December 2017